Antara Google dengan Daerah Kelahiranku

Grumbul Gebang Kuning merupakan anak dari Desa #Kalisabuk, grumbul ini memiliki banyak keanekaragaman bisnis maupun lainnya.

Kurang lebih ada sekitar 63 mark business location yang pernah saya tandai di tahun 2010, tujuannya ialah untuk dapat di checklist oleh satu fitur Google, yaitu Google Street View.

Google Street View tersebut tidak selamanya memanfaatkan kamera satelit dari atas sana dengan kamera 1 Terabyte Pixel, melainkan memanfaatkan teknologi 360° camera yang dijejalkan di atas mobil Google Tracking Maps.

Kenapa saya musti lakukan hal tersebut?

Karena mungkin dunia pasar Globalisasi dan Digitalisasi tak akan meninggalkan satu desa terpencil yang telah ditandai dalam peta Google, meskipun ada beberapa onggokan yang orang lain tujukan kepada kita tentang sesuatu yang tidak bermanfaat.

“Ya memang tidak bermanfaat bagi dunia sekarang, tetapi akan bermanfaat bagi dunia yang akan datang.”

Setiap perjuangan tak selalu berujung nista, tetapi ada yang akan berujung… ooh jadi ini yang namanya Desa Gebang Kuning yang telah lama di dikategorikan oleh Google Maps sebagai desa kecil yang memiliki banyak log traffic internet dan bisnis.

Seperti itulah bayangan saya masa itu, masih ragu apakah Teknologi Google bisa datang ke daerah terpencil alias daerah dimana aku dilahirkan.

Pada kenyataannya memang tak secepat apa yang kita bayangkan sebelumnya, namun disisi lain sekitar tahun 2014, Google mengadakan event secara besar-besaran di tanah indonesia hingga pelosok dimana daerah tempat tinggalku terekam oleh Kamera Google Street View tidak hanya itu saja, ada kawasan yang sulit dijangkau pun mobil Google tersebut masuk dan masuk lagi untuk mengecek apakah betul ada daerah yang tertandai sebagai pusat internet maniac? Yaps, seperti itu ada adanya mbah. 

Dan sekarang sudah terbukti bahwa Grumbul Gebang Kuning ini sudah tertangkap oleh Google bahwa ada lebih 60 titik lokasi bisnis individu maupun industri, ya walaupun harganya baru di kelas menengah tetapi bisnis tersebut telah diakui oleh banyak perusahaan global.

Pun tak hanya dari sisi industri saja yang telah masuk ranah global, adapun profesi dan berbagai keterampilan juga telah dipakai oleh perusahaan ternama.

Jadi, pada dasarnya bagaimana cara memanfaatkan fitur Cyber milik Google itu sangat mudah untuk menduniakan nama, kata maupun apa saja yang ingin kita sampaikan.

Tentunya segalanya akan mudah, apabila semua itu dijalani dengan sungguh-sungguh dibarengi dengan sujud syukur kepada Allahu Jalla Jallaluhu, maka insyaallah semuanya terasa seperti baru saja kita bayangkan.

Seperti itulah niat kita kepada Allah sang Maha Mengetahui apa yang kita sembunyikan.

Salam,

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s