Akses Internet Mode Pesawat 

Screenshot berikut merupakan SS bagaimana bisa mengakses internet dengan mode pesawat??

Yaps… tentunya seseorang sebelum saya telah melakukan testing berpuluhan kali untuk bisa mendapatkan akses gratis yang hanya mengandalkan LAC/CID dari GPS radio, mungkin susah juga menerjemahkan bahasa tersebut ke dalam bahasa sehari-hari.

Baiklah akan saya coba menggunakan bahasa yang sekiranya dapat di pahami.

Internet dengan mode pesawat ini dapat bekerja stabil dimulai dari dukungan ponsel yang anda gunakan, dan lokasi dimana anda tidak mendapati strip sinyal.

Teknik yang digunakan oleh mode pesawat ini rupanya mengandalkan dua IMEI SIMcard atau biasa disebut dengan IMSI (nomor ID kartu) dan disejajarkan dengan Letak Koordinator ponsel yang anda gunakan.

Dari mulai GPRS (G), EDGE (E), UMTS (3G), disusul HSDPA/WCDMA (3.5G), lalu HSPA (H) hingga HSPAP (H+) namun jenis koneksi seperti mode pesawat tentunya tidak memperkenankan masuk di jaringan FDD/LTE (4G) karenanya jarang-jarang pengguna menghubungi pihak Penyedia Telpon Darurat (Emergency Call) menggunakan teknologi tersebut, mungkin sebagian negara melarang akses Emergency Call (08, 112, 118, 911, 212, 001) memanfaatkan jaringan 3G/4G, pasalnya setiap gelombang satelit akan merasa terganggu oleh jaringan tersebut.

Emergency call pada umumnya hanya menyediakan layanan di 2 jaringan saja, yaitu antara 1G dan 2G saja.

Mengapa Emergency Call hanya mau melayani jaringan 1G/2G saja?

Karena keduanya merupakan familiar jaringan yang disebut sebagai jaringan radio MW/SW dan AM/FM, meski pada gelombang AM/FM memiliki perbedaan yang jauh, tetapi keduanya tetap masih sama dibandingkan dengan jaringan MW/SW yang lebih jauh jarak jangkauannya.

Seperti halnya GPS radio, gelombang frekuensi yang dapat dikirimkan bisa lebih dari 1Km dari permukaan laut atau selebihnya frekuensi FM radio kelas 2 (FM²). Maka ketika pengguna ponsel berada pada titik tertentu yang sama sekali tidak ada sinyal pada ponselnya, masih bisa mengakses internet pada mode pesawat. Baru-baru ini saya mencoba mengakses layanan data Mode Offline/Airplane tersebut hanya ada di Ponsel Smartphone Android dan Communicator.

Kurang dan lebihnya, silahkan mencari referensi yang lain. Mungkin penjelasan yang saja tuliskan disini masih sulit untuk difahami secara baik dan benar.

Salam ilmu pengetahuan dan pengembangan ilmu,

https://www.instagram.com/kangfauzane

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s